Monday, January 27, 2014

Wisata Pantai Ama Hami

Tempat wisata alam yang menarik, tak harus jauh dari pusat kota. Apalagi jika anda sedang berlibur ke Pulau Sumbawa yang terkenal dengan banyak pantai-pantainya yang cantik. Salah satunya, anda bisa berkunjung ke Pantai Ama Hami yang berada sangat dekat dengan pusat kota Bima, yang merupakan salah satu kota administratif di Pulau Sumbawa. Bahkan anda hanya memerlukan hitungan menit untuk mencapai pantai ini dari pusat Kota Bima.


Lokasi dan Transportasi

Pantai Ama Hami berada di salah satu sisi Teluk Bima dan berada dalam kawasan Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Letaknya juga berada dalam deretan Pantai Lawata yang terkenal sebagai pintu masuk Kota Bima. Karena masih termasuk dalam kawasan kota, untuk mencapai Pantai Ama Hami, hanya memerlukan waktu beberapa menit saja, sekitar 10 hingga 15 menit dari pusat Kota Bima.

Ada banyak jenis angkutan yang bisa anda gunakkan untuk menuju pantai ini. Baik menggunakkan ojek dengan harga yang bisa di negosiasikan ataupun menggunakkan bemo kota yang melewati kawasan Pantai Ama Hami ini. Namun, untuk anda yang ingin berkeliling ke tempat-tempat lainnya, akan lebih baik jika anda menyewa kendaraan.

Untuk kendaraan roda empat, biasanya dikenakan biaya sekitar Rp 400.000*) hingga Rp 600.000*) per hari. Harga tersebut sudah termasuk sopir untuk mempermudah anda menuju lokasi tujuan karena tidak perlu membingungkan soal rute.

Sedangkan untuk penyewaan motor, memang tergolong sulit. Tetapi, anda bisa bertanya dan menyewa pada tukang ojek. Biasanya anda harus meninggalkan jaminan berupa tanda pengenal serta biaya sewa bisa dinegosiasikan. Namun, tariff perhari biasanya sekitar Rp 100.000*).

Dari Sumbawa besar, waktu tempuh melalui jalur darat menuju Bima kurang lebih sekitar 8 jam perjalanan. Sedangkan bagi yang berada di Mataram, ibukota dari NTB, perjalanan akan lebih jauh lagi karena masih harus menyebrang dari Pulau Lombok menuju Pulau Sumbawa tepatnya dari Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Pototano.

Lama penyebrangan sekitar 2 jam. Jadi, untuk menghemat waktu, anda bisa menggunakkan pesawat menuju Bandara Sultan Mahmud Salahudin yang berada di Kota Bima. Dengan begitu, perjalanan anda menjadi lebih singkat dan bisa tiba lebih cepat untuk menjelajahi Kota Bima.

Wisata

Pantai Ama Hami merupakan sarana rekreasi alternatif, khususnya bagi masyarakat Kota Bima karena jaraknya yang tak jauh dari pusat kota. Namun, banyak pula wisatawan yang berkunjung ke Bima, menyempatkan wisatanya untuk menikmati keindahan pantai ini, khususnya pada sore hari.

Karena berada di dekat pusat kota, pantai ini jauh dari kata hening dan tenang. Hampir setiap saat, khususnya pada pagi dan sore di akhir pekan, pantai ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Pengunjung pantai ini memang didominasi oleh pasangan muda mudi, namun banyak pula yang datang berombongan ataupun yang datang bersama keluarga.

Selain suasananya yang ramai, bentuk pantai ini juga berbeda dengan pantai pada umumnya. Pantai ini pernah mengalami reklamasi oleh pemerintah kota setempat, sehingga sudah dibangun tanggul penahan air laut di sepanjagng pantai. Walaupun begitu, adanya tanggul ini bisa membuat suasana pantai terasa berbeda dan tanggul tersebut bisa dijadikan sebagai tempat untuk duduk dan bersantai sambil menikmati hembusan angin laut yang mampu membuat anda terbuai.

Tempat-tempat makan pun sudah banyak tersedia di pantai ini, mulai dari kafe, warung-warung kopi, bahkan tempat makan dengan gelaran tikar di trotoar pinggir pantai atau bahasa lainnya yakni lesehan. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam. Anda bisa menemukan makanan khas Bima ataupun Sumbawa, bahkan beragam jenis makanan nusantara bisa anda temukan di pesisir Pantai Ama Hami.

Suasana pantai akan semakin padat pada sore hari karena pemandangan sunset yang bisa anda nikmati dari pantai ini benar-benar mempesona. Bahkan, hingga malam pun masih banyak wisatawan yang bersantai dan menikmat malam di pantai ini. Adanya penerangan yang cukup, menjadikan suasana pantai ini sangat menarik dikala malam tiba. Pedangan-pedangang pun masih ramai menjajakan kuliner-kuliner menariknya.

Selain sekedar bersantai, menikmati suasana sunset serta mencicipi beragam sajian kulinernya, ada pula yang menjadikan Pantai Ama Hami sebagai sarana lokasi olah jasmani dengan melakukan aktivitas seperti jogging dan bersepeda. Setiap pagi dan sore hari, tak jarang anda bisa melihat beberapa pengunjung yang berolahraga di kawasan pantai ini.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com